Debat Terbuka, Mapel PPKn kelas XII A materi Hak dan Kewajiban.

Debat terbuka dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XII A dengan materi “Hak dan Kewajiban” merupakan sebuah kegiatan interaktif yang melibatkan partisipasi aktif seluruh siswa dalam menyampaikan argumen, pendapat, dan pemahaman terkait topik yang sedang dibahas. Debat terbuka ini bertujuan untuk melatih siswa dalam berpikir kritis, berbicara dengan jelas, dan menghargai pendapat orang lain, sambil memahami secara lebih mendalam tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Pertama-tama, para siswa akan dipersiapkan sebelum debat terbuka dimulai. Mereka akan diberikan waktu untuk mempelajari materi yang berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, seperti hak asasi manusia, hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia, serta peran dan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat dalam melindungi hak-hak warga negara.

Setelah memahami materi, siswa akan dibagi menjadi dua kelompok yang memiliki pandangan berbeda terkait topik yang diperdebatkan. Kelompok pertama akan menjadi tim pro, yang akan menyajikan argumen yang mendukung pandangan tertentu tentang hak dan kewajiban. Kelompok kedua akan menjadi tim kontra, yang akan menyajikan argumen yang menantang pandangan tim pro.

Debat dimulai dengan pemaparan argumen oleh masing-masing tim secara bergantian. Setiap tim akan memiliki kesempatan untuk menyampaikan argumen secara terstruktur, menggunakan fakta, data, dan referensi yang relevan. Para siswa juga diajak untuk menggunakan keterampilan berbicara yang baik, seperti menyusun argumen logis, menjelaskan secara jelas, dan menyampaikan argumen dengan penuh keyakinan.

Setelah pemaparan argumen dari kedua tim, akan ada sesi tanya jawab di mana siswa dari kelompok lawan dapat mengajukan pertanyaan terkait argumen yang telah disampaikan. Hal ini memungkinkan siswa untuk saling berinteraksi, bertukar pendapat, dan menguji kekuatan argumen masing-masing kelompok.

Debat terbuka ini dipandu oleh Ustadz Amir Hamzah Guru PPKn sebagai moderator untuk memastikan jalannya debat dengan tertib dan tetap pada topik yang telah ditentukan. Selain itu, guru juga memberikan penjelasan tambahan dan evaluasi terhadap argumen yang telah disampaikan setelah debat selesai. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa agar mereka dapat terus meningkatkan pemahaman dan keterampilan berdebatnya.

Debat terbuka dalam materi hak dan kewajiban di mata pelajaran PPKn kelas XII A merupakan sarana yang efektif untuk memperdalam pemahaman siswa tentang topik tersebut. Selain itu, debat juga membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, keterbukaan terhadap berbagai pandangan, dan rasa tanggung jawab sebagai warga negara yang paham akan hak dan kewajibannya dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu