Praktik Fisika kelas 12. Menentukan Hubungan Kuat Arus dan Tegangan Pada Arus Searah

Praktik Fisika kelas 12 bertujuan untuk memahami dan mengamati hubungan kuat antara arus dan tegangan pada arus searah. Praktik ini berfokus pada hukum Ohm, yaitu hukum dasar dalam elektromagnetisme yang menggambarkan hubungan antara arus listrik, tegangan, dan resistansi dalam suatu rangkaian listrik sederhana.

Pada awal praktik, siswa akan diberikan penjelasan teoritis mengenai hukum Ohm dan bagaimana hubungan arus dan tegangan pada arus searah dinyatakan dalam persamaan matematis V = I x R. Di sini, V merupakan tegangan (volt), I adalah arus (ampere), dan R adalah resistansi (ohm). Siswa juga akan mempelajari konsep arus searah dan bagaimana arah aliran muatannya stabil dalam rangkaian tertutup.

Setelah memahami dasar teoritis, siswa akan melakukan percobaan dengan menggunakan rangkaian sederhana yang terdiri dari sumber tegangan (misalnya, baterai), kawat penghantar, dan resistor. Siswa akan mengukur tegangan dan arus pada berbagai nilai resistansi untuk mengamati hubungan antara keduanya. Data yang diperoleh akan digunakan untuk menghitung nilai resistansi berdasarkan hukum Ohm.

Selain itu, praktik ini juga dapat melibatkan penerapan hukum Ohm dalam berbagai rangkaian listrik, seperti rangkaian seri dan paralel. Siswa akan memahami bagaimana resistansi total dalam kedua tipe rangkaian ini dihitung dan bagaimana resistansi mempengaruhi besaran arus dan tegangan dalam rangkaian tersebut.

Selain melakukan percobaan dan analisis data, siswa akan diajak untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi nilai resistansi dalam suatu penghantar, seperti panjang, luas penampang, dan jenis material. Hal ini akan membantu siswa memahami bahwa resistansi bukanlah sifat tetap dari suatu penghantar, melainkan dipengaruhi oleh karakteristik fisiknya.

Praktik Fisika kelas 12 menghadirkan kesempatan bagi siswa untuk mengalami pembelajaran langsung tentang hukum Ohm dan hubungan kuat antara arus dan tegangan pada arus searah. Melalui percobaan dan analisis data, siswa akan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang konsep ini, serta mengasah keterampilan praktis dalam mengukur dan menganalisis rangkaian listrik sederhana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu